5 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan, Dapat Meningkatkan Penglihatan

Buah kesemek adalah buah yang berasal dari dataran tiongkok, lalu menyebar dan banyak ditanam di Indonesia. Buah ini juga mempunyai bentuk yang serupa dengan tomat dan berwarna oranye.

Buah kesemek juga mempunyai rasa yang nikmat yakni manis seperti madu. Walaupun tidak sepopuler buah lainnya, ternyata buah kesemek ini mempunyai berbagai kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Beberapa nutrisi yang ada pada buah kesemek seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, folat dan serat.

Inilah Manfaat Buah Kesemek bagi kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Buah kesemek memang dapat melindungi jantung dari penyakit. Kandungan quercetin, kaempferol dan flavonoid pada buah ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Mengkonsumsi flavonoid yang ada pada buah kesemek ini juga bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi terjadinya peradangan dan mengurangi kadar kolestrol jahat.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata
Buah kesemek mempunyai konsentrasi vitamin A yang tinggi. Vitamin A pada buah kesemek ini juga dapat meningkatkan fungsi penglihatan menjadi lebih optimal. Selain vitamin A, kandungan lutein pada buah kesemek juga bisa melindungi mata dari berbagai macam penyakit.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah kesemek mempunyai kandungan serat ini baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet. Buah kesemek bisa membuat perut menjadi terasa lebih kenyang, sehingga nafsu makan akan lebih terkendali dan berat badan juga bisa terkontrol dengan baik.

Buah ini juga dapat menurunkan kadar kolestrol. Buah kesemek bisa mencegah kolesterol jahat pada pencernaan, lalu dikeluarkannya dari dalam tubuh.

4. Melancarkan BAB
Kandungan serat yang ada pada buah kesemek ini bisa membantu dalam melancarkan BAB. Dalam 1 buah kesemek mengandung 7gram serat yang telah mendekati dalam jumlah serat harian. Bukan cuman itu saja, mengkonsumsi buah kesemek juga bisa mencegah sembelit dan menyehatkan pencernaan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Buah kesemek juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh karena mengandung tinggi vitamin C. Selain vitamin C, vitamin A pada buah ini juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *