4 Makanan yang Mengandung Tinggi Kalium dan Mudah Didapat

Kalium adalah salah satu mineral yang berperan penting dalam menjalankan peran tubuh manusia. Tubuh manusia memerlukan kalium dalam mendukung proses utama seperti mengendalikan sel saraf dan otot, terutama pada otot jantung.

Kalium juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur tekanan darah. Pentingnya kalium ini juga bisa meningkatkan kepadatan tulang, mencegah batu ginjal, mengobati hipertensi, kram otot dan menyeimbangakan natrium.

Konsumsi kalium adalah cara terbaik dalam memenuhi asupan mineral harian. Cara untuk menyeimbangkan kalium pada tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium.

Berikut ini beberapa makanan tinggi kalium bisa didapat dengan mudah.

1. Bayam


Bayam menjadi sayuran dengan nilai tinggi gizi karena mengandung kalium. Dalam 1 gelas bayam mempunyai 839 kalium di dalamnya. Dengan mengkonsumsi dimasak atau mentah, kamu bisa mendapatkan kalium dari bayam. Tapi, kandungan kalium bisa lebih banyak didapatkan setelah bayak dimasak.

Bayam juga mengandung vitamin penting lainnya seperti senyawa tanaman yang sehat dan mineral. Tak hanya itu, bayam juga memiliki kandungan nutrisi penting bagi metabolisme, kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh dan kesehatan penglihatan.

2. Tomat


Tomat mengandung kaya akan vitamin dan mineral salah satunya kalium. Dalam 1 buah tomat segar mengandung sekitar 420 mg kalium. Tapi jika ingin mendapatkan lebih banyak kalium di dalamnya, olahan tomat seperti tomat kering atau saus juga bisa menjadi sebuah pilihan.

Tomat yang dikeringkan dengan sinar matahari bisa mengandung 930mg kalium per 1 cangkirnya. Tomat mengandung senyawa tanaman yang baik seperti likopen, yang bisa membantu dalam melawan peradangan dan mengurangi resiko terkena kanker prostat.

3. Kentang dan Ubi Jalar


Kentang dan ubi jalar adalah jenis ubi-ubian yang mempunyai kandungan tinggi kalium. Pada kentang yang berukuran sedang mengandung 900mg kalium. Kentang juga mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C yang baik bagi tubuh.

Begitu juga dengan ubi jalar seperti ubi merah, ubi ungu dan ubi kuning yang mengandung sekitar 400mg kalium. Hanya saja yang perlu diperhatikan kembali adalah cara memasaknya dengan benar, agar tidak menghilangkan nutrisi tersebut.

4. Salmon


Setengah dari potongan salmon dengan takaran 200gram mengandung 684mg kalium, vitamin, omega-3 dan protein. Diet ikan berlemak juga banyak dikaitkan dengan berbagai manfaat untuk kesehatan, terutama pada penurunan resiko terkena penyakit jantung.

Mengkonsumsi sekitar 4 porsi ikann setiap minggunya dapat membantu menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung. Begitu juga dengan kandungan kalium pada salmon juga membuatnya baik bagi penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *