TAHUKAH ANDA FUNGSI KUKU PADA MANUSIA?

Tahukah kalian bahwa tumbuhnya kuku pada seluruh jari tangan dan juga kaki ternyata memiliki manfaat, bukan hanya sebagai pelengkap saja. Ada beberapa fungsi kuku seperti dapat melindungi ujung jari sampai mempermudah dalam melakukan aktivitas seperti mengambil atau pun menggaruk. Maka dari itu sangat penting untuk memastikan kuku tetap bersih dan juga kering agar tidak memberikan ruang bagi bakteri semakin berkembang biak.

Kuku terbuat dari keratin, substansi yang serupa dengan bentuk rambut dan juga lapisan terluar kulit. Kuku tumbuh dari akarnya yang tersebunyi di bawah kutikula. Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang termasuk ke dalam salah satu pertumbuhan yang sangat lambat yaitu sekitar 2.5mm setiap bulan.

Berikut beberapa fungsi kuku pada manusia seperti :
1. Indikator kesehatan
2. Membantu aktivitas
3. Melindungi dari virus dan bakteri
4. Mendukung gerakan motorik
5. Tingkatkan sensitivitas
6. Bantu keseimbangan

Jika mengingat fungsi kuku sebagai krusial, maka sangat penting untuk memastikan pada kuku tangan atau pun kuku kaki tetap tumbuh dengan sehat.
Berikut beberapa yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kuku tetap sehat :
1. Menjaga kebersihan
Sebagai bagian tubuh yang pertama kali sering bersentuhan dengan berbagai objek, maka selalu pastikan kuku tetap terjaga jangan sampai membiarkan kotoran mengendap terlalu lama pada lapisan kuku. Selain itu jagalah kuku agar tetap kering dan tidak dalam keadaan lembab dan selalu menggunakan sarung tangan ketika ingin bersentuhan dengan bahan kimia keras.

2. Memotong kuku berkala
Selain itu cara menjaga kuku juga bisa dilakukan dengan memotongnya secara berkala, potonglah lurus pada bagian tengah dan sedikit melengkung pada kedua ujung kuku. Jika mengingat bahwa pertumbuhan kuku tidak terlalu cepat maka jangan memotong kuku terlalu sering dan jangan biarkan juga kuku terlalu panjang.

Meskipun manusia juga bisa hidup tanpa memiliki kuku sekalipun, namun bukan berarti fungsi kuku ini bisa diremehkan begitu saja. Karena segala aktivitas bisa dilakukan dengan mudah jika kalian memiliki kuku. Bayangkan saja jika kuku bukan menjadi salah satu lapisan yang keras dan justru melunak atau juga melengkung ke belakang dan ketika ingin memegang suatu objek tentunya akan sangat menyulitkan bukan? maka tetap jagalah kuku anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *