OLAHAN MAKANAN YANG BERASAL DARI IKAN

Ikan merupakan hasil laut yang kaya akan protein yang bagus untuk kesehatan tubuh. Disamping itu juga ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagin tubuh juga, dimana zat ini akan menjadi sumber energi bagi tubuh.

Jenis ikan begitu banyak jenisnya, dimana tidak semua ikan bisa disantap/ dimakan seperti ikan paus, ikan hiu, ikan piranha, ikan cupang dan sejenis ikan hias lainnya.
Untuk ikan yang bisa di makan seperti ikan bawal, ikan lele, ikan nila, ikan emas, ikan dencis, ikan gembung, ikan pare dan banyak lagi jenis ikan yang bisa dimakan sebagai lauk.

Berikut ini beberapa jenis makan yang berasal dari daging ikan.
1. Bakso
Bakso tidak hanya berbahan baku ayam, ada juga yang membuat bakso dari daging ikan, rasanya tak kalah enak dengan bakso daging ayam, tetapi untuk membuat bakso ikan tidak boleh sembarang ikan, agar tidak bau amis.
2. Kerupuk
Kerupuk yang renyah dan garing ternyata ada juga yang terbuat dari bahan daging ikan, biasanya kerupuk ini di campur dengan ikan tenggiri, ikan bader maupun ikan mujair, tergantung bagaimana si pembuat kerupuk mengolahnya.
3. Lumpia ikan
Cemilan dari olahan ikan ini bisa dibuat dirumah, untuk di santap bersama keluarga. Lumpia ikan berbahan dasar ikan tuna, akan terasa lezat dan enak.
4. Sandwich tuna
Sandwich tuna dibuat dengan campuran roti kentang dan tomat, daun selada serta saus agar terasa pedas.
5. Pempek
Makanan khas dari Palembang ini terbuat dari ikan yang di haluskan menggunakan blender. Biasanya di santap dengan campuran kuah cuko, dan dimakan dengan sedikit timun.
6. Nugget ikan
Tidak hanya ayam yang bisa di jadikan nugget tetapi ikan juga juga bisa dijadikan nugget dengan campuran bumbu dan sedikit sayuran.
7. Otak-otak
Otak-otak merupakan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri, otak-otak bisa dikukus bisa juga dibakar sesuai dengan selera masing-masing.