TAHUKAH ANDA MANFAAT MINUM AIR HANGAT SEBELUM TIDUR?

Apakah kalian termasuk salah satu orang yang suka meminum air hanya sebelum tidur? Meskipun minum air putih sebelum tidur merupakan salah satu hal yang malas untuk di lakukan karena harus bolak balik ke toilet, namun manfaat minum air hangat sebelum tidur ini jangan di sepelekan. Minum air hangat sebelum tidur sudah di percaya bisa membuat anda tidur lebih nyenyak dan juga tubuh terasa sangat nyaman. Tapi tingkat kehangatan air yang diminum jangan juga terlalu panas karena nantinya bisa melukai tenggorokan dan mulut.

Ketika minum air hangat sebelum tidur bisa dikaitkan dengan manfaat yang secara optimal, inilah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan seperti :
1. Tubuh tetap terhidrasi
Manfaat minum air hangat yang paling utama adalah bisa membuat tubuh tetap terhidrasi sepanjang tidur malam anda. Hal ini juga bisa membantu anda terhindari dari kehausan dan juga tenggorokan kering yang bisa membuat anda terbangun di tengah malam untuk mencari air putih dan juga mengganggu tidur pastinya.

2. Memperbaiki suasana hati
Ketika tubuh dan juga pikiran terrasa sangat kelah karena beraktivitas seharian, maka kalian bisa mengatasinya dengan meminum air hangat sebelum tidur. Minum air hangat sebelum tidur dipercaya bisa memperbaiki suasana hati dan juga membuat tubuh kalian terasa lebih rileks dan tidur juga menjadi nyenyak.

3. Dapat menggantikan cairan tubuh
Kalian akan terus menggunakan dan juga akan kehilangan cairan tubuh pada saat berkeringat, buang air kecil dan juga buang air besar. Namun hal ini bisa diatasi jika kalian mampu menggantikan cairan pada tubuh yang sudah hilang sehingga menjaga sistem tubuh akan tetap bekerja lebih baik meskipun di malam hari.

4. Dapat Membersihkan tubuh
Ketika kalian minum air hangat sebelum tidur merupakan salah satu cara alami untuk membantu membersihkan tubuh dan juga dapat menyehatkan pencernaan. Ketika kalian mengkonsumsi air hangat maka tubuh akan menghasilkan keringat dan juga mengeluarkan racun yang anda didalam tubuh melalui keringat, hal ini juga bisa membantu meredakan kram di perut dan juga meredakan nyeri.

5. Menurunkan berat badan
Manfaat minum air hangat sebelum tidur lainnya juga ternyata mampu menurunkan berat badan, hal ini bisa terjadi karena air hangat bisa menhancurkan makanan dan mencerna lebih cepat dibandingkan dengan minum air putih dingin. Selain itu juga air hangat juga dapat membantu meningkatkan perasaan yang kenyang sehingga bisa membantu kalian untuk mencegah ngemil di saat jam tidur.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika minum air hangat pada saat sebelum tidur, tapi jika kalian lakukan terlalu dekat dengan waktu ingin tidur atau dilakukan secara berlebihan maka ini bisa mengganggu siklus tidur dan juga bisa menyebabkan nokturia yang merupakan meningkatnya keinginan untuk buang air kecil terus di malam hari.

Maka dari itu sebainya jika ingin meminum air hangat sebelum tidur dilakukan bagi orang yang beresiko mengalami dehidrasi. Namun di sisi lain untuk menghindari hal tersebut kalian bisa melakukan dengan minum cukup air sepanjang haru minimal 8 gelas untuk mencegah asupan air secara berlebihan di malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *