Arsip Tag: soto banjar

Soban Singkatan dari Soto Banjar Khas Kalimantan

Soto banjar adalah makanan khas dari suku banjar yang berupa soto. Biasanya untuk mempermudah memanggil soto banjar, orang – orang menyebutnya dengan soban. Bahan utama untuk membuat soto ini adalah ayam serta rempah – rempah yang sangat harum sekali sehingga soto ini sangat nikmat apalagi jika disantap ketika hujan.

Ada banyak sekali penjual soto banjar terutama di kota tersebut dan juga di ibu kota Indonesia. Biasanya soto ini dijual dengan pendamping berupa sate ayam. Harga jual dari soto bandrol yang lezat ini pun dibandrol cukup murah. Nah, kita simak yuk cerita nikmatnya soto banjar asli kalimantan ini. Dilansir dari instagram travel blogger Ashari Yudha yang pulang kampung ke Banjar.

Resep Soto Banjar Asli Enak Gurih dan Super Lezat | Resep Istimewa

Senangnya! Setelah sekian lama nggak pulang ke Kalimantan -hampir 7 tahun yang lalu, akhirnya bisa bertemu lagi dengan sanak keluarga. Hari ini, saya menyempatkan waktu untuk menginap beberapa hari dirumah Om saya, di kota Tanjung Selor. Setelah perjalanan selama 2 jam dari Berau, akhirnya kami tiba didepan rumah Om.

“Langsung masuk saja, Yud. Nanti simpan tasnya di kamar Bayu”.

“Siap Om, di kamar Bayu ya Om.” jawabku. Rasanya, terakhir saya bertemu yaitu saat SMP. Itupun kalau tidak salah. Saat terakhir kali ke Samarinda, keluarga Om nggak mampir ke Samarinda.

“Nanti kalau sudah simpan tas, langsung ke dapur. Ada pesananmu tuh.” balas Om.

Pesanan?

Saya bergegas menuju dapur. Dapur terlihat lengang. Disana, saya ditegur oleh Desi, adiknya Bayu.

“Apa kabar Bang? Kalau lapar, langsung aja ada makanan di tudung saji tuh.”.

“Sehat Des. Lagi libur kuliah ya? Iya nih kebetulan lagi lapar hehe” jawabku polos sambil membuka tudung saji.

Seketika mata saya langsung melongo.

Irisan ayam dan telur, tak lupa perkedel goreng yang masih hangat. Ada juga bihun rebus dan lontong. Apalagi, lengkap dengan harumnya bawang goreng.

Soto Banjar! Akhirnya setelah hampir 7 tahun nggak pernah makan Soban lagi!

Adakah makanan khas yang kamu lagi pengenin banget sekarang? Di share dong!